Contoh yang di ambil : Smartphone Blackberry
Sebagai brand manager harus menganalisis perilaku konsumen terhadap sebuah produk barang / jasa dilihat beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu selera konsumen , tingkah laku konsumen, prestige , lifestyle.
SEGMENTASI
Blackberry ditujukan untuk konsumen dengan jenis kelamin pria dan wanita berumur antara 17-35 tahun, yang merupakan usia produktif (Demografis). Tetapi sekarang anak-anak pun bisa menggunakan blackberry. Terutama bagi mereka yang suka bersosialisasi dan eksis di dunia maya (Psikografis). Blackberry dipasarkan ke seluruh dunia (Geografis) untuk market konsumen tingkat menengah dengan pendapatan rata-rata 1 juta per bulan.
Blackberry ditujukan untuk para pebisnis muda yang membutuhkan mobilitas tinggi, karena Blackberry dilengkapi dengan penyunting dokumen, koneksi internet wireless dll. Disisi lain mereka juga menunjuk untuk kalangan muda dengan berbagai fitur seperti kamera resolusi tinggi dan games, serta akses langsung ke situs jejaring sosial.
Blackberry memposisikan produknya sebagai produk smartphone yang dapat menjangkau kalangan menengah seperti pelajar dan mahasiswa sampai kalangan menengah ke atas seperti para pebisnis muda. Setiap kalangan memiliki tipe dan fitur yang berbeda. Kalau kalangan menengah lebih ditekankan untuk fitur sosial, kalangan menengah ke atas lebih menekankan fitur bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar