Selasa, 02 Juli 2013

14. Jelaskan perbedaan antara umpano-balik dari komunikasi interpersonal dan umpan balik dari komunikasi impersonal? Bagaimanakah pemasar dapat memanfaatkan setiap jenis umpan-balik tersebut? Jelaskan.


Komunikasi antar perorangan formal (Formal Interpersonal Communications) : Komunikasi langsung antara seseorang yang mewakili organisasi laba atau nirlaba dengan seseorang atau lebih lainnya (misalnya, pembicaraan antara seseorang tenaga penjual dengan seorang bakal calon pembeli). Sedangkan komunikasi impersonal (Impersonal Communications) : Komunikasi yang ditujukan kepada audience yang luas dan tersebar, tanpa komunikasi langsung antara sumber dan penerima. Juga dikenal sebagai komunikasi massa. umpan balik merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam komunikasi interpersonal dan impersonal. Biasanya, lebih muda memperoleh umpan balik (lisan maupun bukan lisan) dari komunikasi interpersonal daripada komunikasi impersonal. Tetapi, biaya ruang dan waktu yang tinggi dalam media impersonal, para sponsor komunikasi impersonal sangat penting menemukan cara untuk memperoleh umpan balik sesegera mungkin sehingga mereka dapat memperbaiki pesan jika artinya tidak diterima seperti yang dimaksudkan.

 Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap dan menanggapi reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal atau nonverbal. 

Efektivitas Komunikasi Interpersonal dimulai dengan lima kualitas umum yang dipertimbangkan yaitu :
·        keterbukaan (openness)
·        empati (empathy)
·        sikap mendukung (supportiveness)
·        sikap positif (positiveness)
·        kesetaraan (equality)
                                                             
Umpan balik sangatlah penting dalam proses Komunikasi Antar Pribadi, karena pengirim dan penerima pesan secara terus menerus dan secara bergantian memberikan umpan balik dalam berbagai cara baik secara verbal maupun non verbal. Umpan balik ini dapat bersifat positif maupun negative. Bahkan ada juga umpan balik yang bersifat netral. 

Para pemasar dapat memperoleh dan menggunakan umpan balik tersebut untuk membantu memasarkan produknya. Dengan bantuan dari komunikasi dari mulut ke mulut, dapat membantu memasarkan produk dengan pengeluaran yang minim.

1 komentar: