Selasa, 02 Juli 2013

6. Uraikan teori sifat kepribadian. Berikan dua contoh bagaimana sifat kepribadian dapat digunakan dalam riset konsumen.


Teori sifat : merupakan awal penting berpisahnya dari pengukuran kualitatif yangmenjadi ciri khas gerakan pengikut Freud dan neo – Freud (misalnya, pengamatan pribadi, pengalaman melaporkan diri sendiri, analisis mimpi, teknik proyektif). 
 
Tes kepribadian yang sangat sesuai dengan kebutuhan tertentu ini mengukur berbagai sifat seperti keinovatifan konsumen (seberapa besar kemauan seseorang untuk menerima berbagai pengalaman baru), materialism konsumen (tingkat kecendrungan konsumen pada “kepemilikan duniawi”), etnosentrisme konsumen (kemungkinan konsumen untuk menerima ataun menolak berbagai produk buatan luar negeri). 

Lima contoh bagaimana sifat kepribadian dapat digunakan dalam riset :
·       Keinovatifan konsumen : pengukuran untuk menaksir tingkat keinovatifan konsumen, karena ukuran sifat kepribadian tersebut memberikan wawasan yang penting mengenai sifat dan batas- batas kesediaan konsumen untuk berinovasi.
·         Dogmatisme : sebuah sifat kepribadian yang mengukur tingkat kekakuan  (versus ketebukaan) yang ditunjukkan individu terhadap hal yang belum dikenal dengan baik dan terhadap informasi yang berlawanan dengan kepercayaan mereka yang sudah mendalam.
·         Karakter social : Sifat kepribadian yang berkisar dari pengarahan diri sendiri ke pengarahan oleh orang lain.
·         Tingkat stimulasi optimum : riset ini menemukan bahwa tingkat stimulasi optimum (TSO) berkaitan dengan kesediaan yang lebih besar untuk mengambil resiko, mencoba berbagai produk baru, menjadi inovatif, mencari informasi yang berhubungan dengan pembeliaan, dan menerima fasilitas eceran yang baru daripada TSO yang rendah.
·         Sifat mencari variasi-kesenangan baru : sifat yang digerakkan oleh kepribadian yang persis sama dan berhubungan dengan TSO, pencari variasi atau kesenangan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar