1. Bagaimana keluarga mempengaruhi sosialisasi konsumen kepada anak – anak peran apa yang di mainkan iklan televisi dalam sosialisasi konsumen ?
Sosialisasi para anggota keluarga,
mulai dari anak – anak sampai dewasa, merupakan fungsi keluarga yang pokok.
Dalam kasus anak – anak kecil, proses ini termasuk menanamkan pada anak – anak
nilai – nilai dasar dan cara berperilaku yang sesuai dengan budaya. Hal ini
biasanya termasuk prinsip – prinsip moral dan agama, keterampilan antar
pribadi, standar berpakaian dan berdandan, tata krama dan cara berbicara yang
pantas, pemilihan pendidikan dan tujuan pekerjaan (karier) yang cocok.
Para pemasar sering menargetkan
orang tua yang mencari bantuan dalam tugas mensosialisasikan anak – anak
mereka. Untuk tujuan ini, para pemasar peka terhadap fakta bahwa
pensosialisasian anak – anak yang masih kecil memberi peluang untuk membentuk
suatu dasar agar pengalaman terakhir terus berkembang di sepanjang kehidupan.
Semua pengalaman ini diperkuat dan berubah selama anak – anak itu bertumbuh
jadi remaja, belasan tahun, dan akhirnya menjadi dewasa.
Peran
yang dimainkan iklan televisi dalam sosialisasi konsumen adalah bersifat
membujuk akan produk/jasa yang ditawarkan. Pemasangan iklan di televisi
merupakan cara yang cukup efektif dalam mempromosikan suatu produk/jasa kepada
konsumen, apalagi jika didukung dengan icon iklan tersebut, misalnya artis
terkenal agnes monica, akan berdampak positif bagi peningkatan penjualan
produk/jasa tersebut. Peran lainnya adalah hanya sebatas informasi iklan dan
sosialisasi konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar