Selasa, 02 Juli 2013

13. Anda adalah seorang manajer pemasaran suatu obat sakit kepala. Seorang agen periklanan baru saja memperkenalkan dua strategi promosi yang berbeda, yang pertama menggunakan pendekatan “humor”, dan yang lain menggunakan pendekatan “penderitaan”. Pendekatan manakah yang akan Anda ambil? Mengapa? Jelaskan.


Pendekatan Humor. Karena, dijaman sekarang ini slogan – slogan dari produk yang diiklankan, banyak melakukan promosi menggunakan pendekatan humor. Selain mudah diingat, pendekatan humor juga dapat membuat konsumen yang melihatnya menjadi tertarik kepada produk tersebut. 

Banyak pemasar yang menggunakan daya tarik yang lucu dengan keyakinan bahwa humor dapat meningkatkan daya persuasif dan penerimaan atas komunikasi iklan mereka. Program atau berita editorial di sekitar pesan – pesan yang lucu juga mempengaruhi keefektifannya. Berbagai iklan yang lucu kelihatan mempunyai pengaruh terbaik jika disajikan dalam lingkungan aksi-petualangan daripada lingkungan situasi-komedi. Studi yang mempelajari dampak promosi yang lucu terhadap perilaku dalam suatu suasana lapangan menemukan bahwa humor yang relevan meningkatkan perilaku berlangganan, tetapi jika humor tidak relevan dengan objek promosi maka tidak mempunyai dampak ataupun mempunyai dampak negatif. Partisipasi audience merupakan strategi komunikasi yang sangat efektif karena mendorong internalisasi pesan iklan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar