Selasa, 02 Juli 2013

4. Mengapa kebutuhan dan tujuan konsumen terus-menerus berubah? Factor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru?


Karena dalam teori Maslow hierarki kebutuhan terdapat lima tingkatan dasar kebutuhan manusia yang universal. Teori tersebut menjelaskan bahwa individu berusaha memenuhi kebutuhan yang lebih rendah sebelum timbul tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. Tingkat kebutuhan paling rendah yang terus – menerus tidak terpenuhi yang dialami seseorang akan membantu memotivasi perilakunya. Jika kebutuhan tersebut sudah terpenuhi dengan cukup baik, kebutuhan baru (dan lebih tinggi) akan timbul sehingga orang terdorong untuk memenuhinya. Jika kebutuhan ini sudah terpenuhi , kebutuhan baru (yang lebih tinggi lagi) akan timbul, dan seterusnya. 

Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pembentukan tujuan baru : semua perilaku berorientasi kepada tujuan. Tujuan merupakan hasil yang dicari perilaku yang mendapat rangsangan. Bentuk atau arah yang diambil perilaku – tujuan yang dipilih – merupakan hasil proses berpikir (kesadaran) dan proses belajar sebelumnya. Factor – factor yang mempengaruhi yaitu bersifat fisiologis, psikologis, tujuan khusus yang dipilih tergantung pada pengalaman, kemampuan fisik, norma- norma dan nilai – nilai budaya yang berlaku, dan kemudian mencapai tujuan itu dalam lingkungan fisik dan social. 

Kebutuhan dan tujuan saling bergantungan dan berubah sebagai respon dari keadaan fisik, lingkungan, interaksi dengan orang lain, dan pengalaman individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar