Konsep citra-diri mempunyai implikasi strategi bagi para pemasar. Seorang pemasar makanan kesehatan (suplemen) berusaha membagi segmen pasarnya atas dasar citra-diri konsumen dan kemudian mengatur posisi produk menurut symbol citra-diri tersebut. Strategi seperti itu sangat konsisten dengan konsep pemasaran bahwa pemasar harus lebih dahulu menilai kebutuhan segmen konsumen tertentu (menurut golongan produk maupun symbol citra-diri yang tepat) dan kemudian berlanjut ke mengembangkan dan memasarkan produk.
Tipe citra-diri konsumen :
· Citra-diri aktual : bagaimana
konsumen memandang diri mereka dalam kenyataanya.
· Citra-diri ideal : bagaimana
konsumen ingin memandang diri mereka.
· Citra-diri social : bagaimana
konsumen merasa orang lain memandang mereka.
· Citra-diri social ideal : bagaimana
konsumen ingin dipandang oleh orang lain.
· Citra-diri yang diharapkan : bagaimana
konsumen diharapkan memandang diri mereka di waktu tertentu di masa yang akan
datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar