Selasa, 02 Juli 2013

5. Seorang pemasar makanan kesehatan berusaha membagi segmen pasarnya atas dasar citra-diri konsumen. Uraikanlah keempat tipe citra-diri konsumen dan tipe manakah yang paling efektif untuk tujuan yang dinyatakan itu.


Konsep citra-diri mempunyai implikasi strategi bagi para pemasar. Seorang pemasar makanan kesehatan (suplemen) berusaha membagi segmen pasarnya atas dasar citra-diri konsumen dan kemudian mengatur posisi produk menurut symbol citra-diri tersebut. Strategi seperti itu sangat konsisten dengan konsep pemasaran bahwa pemasar harus lebih dahulu menilai kebutuhan segmen konsumen tertentu (menurut golongan produk maupun symbol citra-diri yang tepat) dan kemudian berlanjut ke mengembangkan dan memasarkan produk. 
 
Tipe citra-diri konsumen :
·      Citra-diri aktual : bagaimana konsumen memandang diri mereka dalam kenyataanya.
·      Citra-diri ideal : bagaimana konsumen ingin memandang diri mereka.
·      Citra-diri social : bagaimana konsumen merasa orang lain memandang mereka.
·      Citra-diri social ideal : bagaimana konsumen ingin dipandang oleh orang lain.
·      Citra-diri yang diharapkan : bagaimana konsumen diharapkan memandang diri mereka di waktu tertentu di masa yang akan datang. 

Tipe yang paling efektif untuk tujuan yang dinyatakan diatas adalah Citra-diri yang diharapkan : bagaimana konsumen diharapkan memandang diri mereka di waktu tertentu di masa yang akan datang. Manfaat dari mengkonsumsi makanan kesehatan (suplemen) tentu akan dapat dirasakan dalam kehidupan sehari – hari dalam beraktivitas, selalu bertenaga dan berstamina. Citra-diri yang diharapkan terletak diantara citra-diri actual dan citra-diri ideal, yang merupakan kombinasi yang berorientasi ke masa depan antara “apa adanya” (citra diri actual) dan “menjadi “ apa yang diingini konsumen (citra-diri ideal). Selain itu, karena citra-diri yang diharapkan memberikan “kesempatan” yang realistis  kepada konsumen untuk mengubah diri, maka citra diri tersebut mungkin lebih berharga bagi pemasar daripada citra-diri actual atau ideal sebagai pedoman untuk merancang dan mempromosikan makanan kesehatan (suplemen).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar