Selasa, 02 Juli 2013
2. Apakah perbedaan antara konsep pemasaran (marketing concept) dengan konsep pemasaran yang memperhatikan kepentingan masyarakat (societal marketing concept)? Menurut pendapat Anda, apakah para pemasar harus memakai societal marketing concept? Dalam industri apa saja adopsi terhadap societal marketing concept kelihatan menjadi sangat penting?
Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Sedangkan konsep pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
Ya, para pemasar harus memakai societal marketing concept agar semua pemasar menaati prinsip – prinsip tanggung jawab social dalam memasarkan barang /jasa. Para pemasar harus memuaskan kebutuhan dan keinginan berbagai pasar targetnya dengan cara melindungi dan meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan kata lain mengajak para pemasar untuk memenuhi kebutuhan orang – orang yang dibidik dengan cara meningkatkan kualitas masyarakat secara keseluruhan, sekaligus memenuhi berbagai tujuan organisasi. Dalam industry barang/jasa societal marketing concept sangat penting.
Dalam industri makanan yang berpengaruh terhadap kesehatan konsumen.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar